SEMARANG, suaramerdeka.com – Sebagai wadah para pelaku bisnis dan industri, Kadin dipandang Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memiliki peranan penting memajukan Jateng. Peran itu harus terus ditingkatkan seiring persoalan di dunia bisnis yang bertambah sedemikian rupa.

Hal pertama yang diminta Ganjar adalah, Kadin ikut membantu memberinya progress report tentang kondisi dunia dagang dan industri di Jateng. Data laporan yang diberikan lebih detil, per sektoral dan kontinyu. Dari data itu, maka akan bisa dipetakan mana yang harus terus digenjot atau hal apa yang mesti segera dicarikan solusi.

“Progress report ini untuk melihat apa-apa yang sebenarnya terjadi di Jawa tengah. Kalau positif, digejot terus. Tapi kalau sebaliknya, negatif maka harus segera dicarikan cara untuk memperbaiki,” kata Ganjar, Minggu (25/10).

Kedua, Kadin diharap terus berinovasi. Termasuk dalam usaha memberikan pendampingan pada UMKM. Peranan Kadin juga hendaknya ditingkatkan menjadi sarana mempererat hubungan antara penguasaha dengan buruh. Lantaran keduanya, sebenarnya memiliki peranan yang sama untuk memajukan dunia industri Jateng.

Pada saat yang bersamaan, Gubernur mengapresiasi program Kadin yang ikut menguatkan UMKM dalam menghadapi MEA melalui getasean.com. Melalui website tersebut, produk-produk UMKM Jateng bisa dipasarkan di dunia internasional. “Ekshibisi (pameran) memang penting. Tapi kan ndak bisa rutin tiap hari. Yang seperti ini saya suka, ada action-nya,” kata Ganjar.
sumber: www.berita.suaramerdeka.com