Periode kepemimpinan Suryo Bambang Sulisto sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia akan berakhir pada September 2015. Maka suksesi kepemimpinan menyisakan waktu beberapa bulan. Kadin Wilayah Indonesia Timur yang tengah mengadakan Rakernas di Jakarta (25 Mei 2015) menilai suksesi Kadin memiliki peran strategis di tengah kelesuan ekonomi nasional saat ini.

Deklasasi Calon Ketua Umum Kadin

“Sebagai mitra strategis pemerintah di bidang ekonomi-bisnis, Kadin perlu mendukung sekaligus mendorong serta memberi masukan bagi kebijakan dan program ekonomi pemerintah yang sedang mengalami tantangan saat ini. Untuk itu, kita membutuhkan figur figur calon ketua baru yang visioner, enerjik, kreatif, inovatif, dan berwawasan luas,” terang Annar Salahuddin Sampetoding, Wakil Ketua Umum Kadin Wilayah Timur.

Sosok dengan kriteria dimaksud, menurut Annar, terlihat dalam diri Rosan Perkasa Roeslani. Rosan yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum (WKU) Kadin Bidang Perbankan dan Finansial, dalam penilaian para pimpinan Kadin Daerah, khususnya dari Wilayah Timur Indonesia, merupakan salah satu WKU yang paling berprestasi dalam lima tahun terakhir. Rosan dikenal sebagai pebinis yang memiliki inisiatif dan solusi dalam menghadapi tantangan ekonomi, terutama dalam sektor yang dipercayakan kepadanya.

“Dia merupakan salah satu WKU yang paling concern dalam menjalankan perannya di bidang perbankan dan financial. Salah satu contoh inisiatifnya adalah berdirinya PT Palapa Nusantara Berdikari yang membantu usahawan-usahawan kecil di berbagai pelosok Tanah Air dalam mengatasi problem modal usaha,” jelas Anhar.

Program-program yang diusung Rosan sangat dirasakan para pimpinan Kadin Daerah. Selain itu, Rosan pun tak segan untuk melakukan kunjungan ke daerah-daerah dan aktif menjembantani kepentingan bisnis di Pusat-Daerah. Karena itu, dalam Rakernas ini para pimpinan Kadin Wilayah Indonesia Timur menilai Chairman Grup Recapital ini layak diusung sebagai suksesor Suryo Bambang Sulisto.

Menurutnya, periode kepemimpinan Suryo Bambang Sulisto sudah menunjukkan catatan positif. Prestasi ini perlu dilanjutkan oleh figur yang memiliki kualifikasi mumpuni, sebagaimana Rosan Roslani.

Indonesia Timur Dukung Rosan Menjadi Ketua KADIN