Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendirikan perusahaan yang khusus untuk menampung, menjual, memasarkan, dan mendistribusikan produk-produk Indonesia di Italia.
Dengan catatan, produk yang dijual telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan, baik oleh Italia maupun Uni Eropa.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial, Rosan P. Roeslani, Jumat 6 Juni 2014, mengungkapkan bahwa langkah ini merupakan upaya meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar internasional.

“Kami ingin agar produk Indonesia yang berdaya saing dan memiliki nilai tambah untuk ekspor dapat terdistribusi dengan baik di luar negeri. Pendirian Indonesia House merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan itu,” kata Rosan dalam siaran persnya.

Tidak mau kalah dengan Tiongkok, Rosan mengungkapkan, pendirian Indonesia House terinspirasi dari department store, Aumai Spa di Italia. Gerai ritel asal negara Panda tersebut, yang merupakan sebuah perusahaan berbadan hukum Italia, umumnya menjual berbagai produk yang berasal dari Tiongkok.

“Keberadaan department store itu cukup efektif untuk memasarkan dan mendistribusikan produk, karena perusahaan itu dapat menjadi perwakilan produk-produk Tiongkok yang dipasarkan di Italia dan Uni Eropa,” tambahnya

Indonesia House, menurut Rosan, berlokasi di Milan dan merupakan department store yang akan menjual produk khusus Indonesia kepada konsumen yang lokasinya berada di Milan. Sementara itu, gudang penyimpanan barang yang berada di Genoa, berfungsi sebagai tempat penyimpanan produk yang diimpor dari Indonesia.

Dia mengatakan bahwa gudang itu, nantinya tidak hanya menyuplai produk Indonesia untuk Indonesia House, tapi beberapa daerah di kawasan Uni Eropa. “Sejauh ini, kami lakukan di Milan, Italia, dan selanjutnya akan jajaki Belanda dan Prancis,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Komite Tetap Modal Ventura dan Pembiayaan Alternatif Kadin, Safari Azis, mengatakan bahwa Kadin membina UKM-UKM melalui lembaga pembiayaan yang dibentuk, yaitu PT Palapa Nusantara Berdikari. Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya agar produk-produk UKM Indonesia dapat dipasarkan di kawasan itu.

“Selain pembiayaannya, sekarang kami akan dorong akses pasarnya,” kata Safari. (art)

 

Sumber: viva.co.id

Judul: Kadin Dirikan Indonesia House di Italia