PALU – Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan organisasi para pengusaha tersebut merupakan mitra sejajar pemerintah, independen, dan berani menyuarakan kepentingan pengusaha dan masyarakat umum.

“Harus aktif memberikan masukan sebelum pemerintah mengambil keputusan yang bisa berdampak negatif pada pengusaha,” katanya di Palu, Rabu (9/9), sebelum menggelar silaturahim dengan para pengusaha lokal di Sulawesi Tengah.

Dalam silaturahim tersebut Rosan didampingi sejumlah Wakil Ketua Kadin Indonesia dan pengusaha asal Sulawesi Selatan Erwin Aksa. Selain itu juga hadir Ketua Kadin Sulawesi Tengah Arus Abdul Karim dan Wakil Ketua Kadin Sulawesi Tengah Helmy D Yambas.

Kunjungan Rosan kali ini tidak terlepas dari rencana dirinya mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Kadin periode 2015-2020 menggantikan Suryo Bambang Sulisto. Sebelumnya ia juga sudah berkunjung ke Banjarmasin dan Samarinda.

Rosan mengatakan konsolidasi internal Kadin ke semua daerah harus diperkuat sehingga Kadin di daerah juga melakukan hal yang sama dengan Kadin Indonesia yakni berani menyuarakan kepentingan pengusaha dan masyarakat umum terkait dengan dunia usaha.

Rosan mengatakan khusus di Sulawesi Tengah hubungan Kadin dengan pemerintah daerah cukup bagus terjalin kemitraan yang sejajar.

Mantan Dirut PT Berau Coal Energy itu mengatakan salah satu cara untuk memperkuat pondasi ekonomi Indonesia adalah dengan membangun industri nasional. “Kita tidak bangun industri nasional kita, justru sekarang deindustrialisasi. Kadin mendukung pemerintah yang sudah menunjukkan dukungan pada pertumbuhan sektor industri,” katanya.

Dia mengatakan industri yang harus dibangun di Indonesia adalah industri berbasis agribisnis dan kemaritiman.

Demikian halnya terhadap industri parwisata dan ekonomi kreatif. Dia mengatakan Indonesia memiliki potensi besar di bidang kepariwisataan dan ekonomi kreatif namun belum didukung dengan infrastruktur yang memadai. “Kita tinggal membangun infrastrukturnya saja,” katanya.

Sumber: BeritaTerbaru