Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia bersama Kementerian Perdagangan menggelar seminar bertajuk “Pemberdayaan Usahawan dan Potensi Daerah untuk Meningkatkan Ekspor” bertempat di Sasana Krida, Kantor Gubernur Papua, Jayapura, Kamis (16/4/2016). Seminar ini merupakan bagian dari kegiatan Kadin dan Kementerian Perdagangan untuk membantu UKM-UKM lokal yang dinilai potensial dan memiliki peluang untuk berkembang pada lini bisnis nasional.

Seminar Pembiayaan UKM Kadin di Papua

“Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk pola kemitraan strategis antara Pemerintah dan pelaku usaha dalam penguatan daya saing produk unggulan daerah guna mendukung ekspor daerah dan nasional,” papar Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Perbankan dan Finansial, Rosan P. Roeslani dalam sambutannya di awal acara.

Rosan Roeslani menjelaskan, sebagai mitra pemerintah KADIN hendak melakukan pendampingan sekaligus mendukung usaha-usaha kecil potensial yang ada di Papua. Melalui kegiatan ini diharapkan akan lahir enterpreneur- enterpreneur baru di Papua yang memiliki kompentensi dan daya saing, seiring mulai diberlakukannya MEA 2015. Dia menjelaskan, Papua dikenal sebagai wilayah yang kaya dengan sumber daya mineral dan sumber daya hayati yang selama ini berkontribusi besar bagi perekonomian nasional. Sudah sepatutnya, potensi kekayaan alami tersebut berimbas pada kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan usaha yang mandiri.

“Banyak usaha kecil yang potensial yang mengalami kesulitan dalam pemodalan melalui jalur perbankan dan lembaga keuangan lain karena dinilai tidak bankable. Untuk itulah mereka perlu dibantu melalui skema pemodalan lain agar usaha mereka dapat berkembang,” papar Rosan.

Atas pertimbangan tersebut, PT Palapa Nusantara Berdikari yang  didirikan oleh Kadin akan menyeleksi usaha-usaha kecil potensial di wilayah Papua dengan standar-standar tertentu. Selanjutnya usahawan-usahawan tersebut akan mendapatkan bantuan modal dan pendampingan guna mengembangkan bisnis yang telah dirintis hingga layak mendapatkan pinjaman dari perbankan (bankable) dan berkualifikasi ekspor.

Seminar ini dibuka oleh Asiten I Gubernur Papua, Doren Wakerkwa, yang mewakili Gubernur Papua. Dalam sambutannya, Doren Wakerkwa mengungkapkan pentingnya bantuan modal bagi para pelaku usaha di provinsi ini. Menurutnya, melalui bantuan modal, Papua tidak hanya dikenal sebagai penyumbang bagi pendapatan nasional dari sisi kekayaan alam, tetapi juga melalui produk bahan baku dan bahan jadi yang dikembangkan dunia usaha. “Jadi, Papua tidak hanya berkontribusi karena kekayaan alamnya yang sangat besar, tetapi juga melalui pengusaha-pengusaha lokal yang bisa berbicara banyak secara nasional,” kata Wakerkwa.

Senada dengan itu, Ketua Komite Tetap Permodalan Ventura dan Pembiayaan Alternatif KADIN Indonesia, Safari Aziz menjelaskan bahwa program pemberdayaan usahawan potensial telah dilakukan KADIN di sejumlah provinsi lain. Papua menjadi target penting KADIN karena memiliki posisi geografis yang strategis dalam perkembangan ekonomi global. Setelah poros Atlantik (AS – Eropa) meredup, poros baru Asia Timur – Asia Selatan – Timur Tengah dan Poros Pasifik (Asia-Amerika Selatan) tengah menggeliat.

“Papua bisa menjadi koridor penting Poros Pasifik karena merupakan pintu Indonesia ke wilayah Pasifik. Karena itulah potensi bisnis di Papua layak mendapatkan perhatian dan bantuan modal guna mendukung peningkatan target ekspor nasional hingga 300% pada tahun 2019,” terang Safari.

Acara ini juga dihadiri perwakilan Direktorat Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, PT Palapa Nusantara Berdikari, PT Bank Mandiri, Asosiasi Ekspor Indonesia (ASEI), dan KADIN Papua. Seminar ini juga menghadirkan pembicara I Made Budi M yang membagikan kisah sukses sebagai pelaku bisnis lokal. Made adalah pebisnis Papua di bidang agrobisnis yang telah sukses mengembangkan usaha di bidang buah merah, sagu, kopi, dan coklat.

 

Link artikel terkait :

http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2015/04/16/387044/kadin-perkuat-ukm-potensial-di-papua

http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2196367/kadin-perkuat-ukm-potensial-papua

http://bola.gatra.com/ekonomi-1/perdagangan/142935-kadin-perkuat-ukm-potensial-di-papua.html

http://indonesiana.tempo.co/read/39852/2015/04/17/febry_ghale/pemberdayaan-potensi-ukm-papua

http://www.pasificpos.com/index.php/info-papua/1672-kadin-perkuat-ukm-potensial-di-papua

http://beritadaerah.co.id/2015/04/16/kadin-siap-mendukung-ukm-potensial-di-papua/

http://www.agrofarm.co.id/read/industrikeuangan/2431/kadin-perkuat-ukm-potensial-papua/#.VXrui_mqqko