Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyambut positif reshuffle Kabinet Kerja yang dilakukan Presiden Joko Widodo. Perubahan konfigurasi kabinet yang baru diumumkan, khususnya dalam tim ekonomi, menunjukkan bahwa pemerintah paham dengan perlambatan ekonomi saat ini, dan akan segera mengupayakan solusinya.
“Itu pesan yang sangat penting bagi dunia usaha saat ini. Dan setidaknya menyurutkan ketidakpastian dan rumor yang ada selama ini,” ujar Rosan Roeslani, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perbankan dan Finansial di Jakarta, Rabu (12/8/2015) sore.

Dia menjelaskan reshuffle kabinet yang sudah berlangsung lebih dari dua bulan menjadi rumor dan menciptakan rasa ketidakpastian.

Mengenai figur-figur baru yang mengisi kabinet pasca reshuffle, Rosan menggarisbawahi ketokohan dan pengalaman beberapa tokoh yang kini menjadi anggota kabinet.

Rosan Roeslani saat diwawancarai wartawan di Hotel Grand Hyatt Jakarta

Rosan Roeslani saat diwawancarai wartawan di Hotel Grand Hyatt Jakarta

“Indonesia saat ini sangat butuh ekonom yang berkelas dunia. Kalau tidak berbagai reformasi yang dilakukan di bidang ekonomi bisa tumpang tindih atau tidak konsisten. Ibarat minum banyak obat tanpa berkonsultasi dengan dokter,” sambung Rosan.

Menurutnya, figur Darmin Nasution sebagai ekonom senior yang berpengalaman di bidang perpajakan dan moneter pastinya menciptakan harapan positif. Kadin menyatakan siap bekerjasama membantu tim ekonomi yang baru.