Bisnis.com, SINGAPURA — Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia Suryo Bambang Sulisto ditunjuk sebagai salah satu anggota Global Advisory Council perusahaan investasi China Minsheng Investment Corp. Ltd.

China Minsheng Investment Corp. Ltd adalah perusahaan investasi terbesar asal Negeri Panda, China.

Penunjukkan tersebut dilakukan setelah kunjungan para petinggi China Minsheng Investment (CMI) ke Indonesia pada awal bulan ini.

“Saya menerima penunjukan ini karena platform CMI ini selaras dengan program pemerintah yang sedang fokus menggenjot pembangunan infrastruktur,” katanya,  Rabu (28/10) di Singapura.

Menurutnya, keberadaan dirinya dalam struktur anggota Global Advisory Council (GAC) CMI akan dimanfaatkan untuk mengarahkan investasi CMI pada proyek-proyek yang dibutuhkan oleh Indonesia. “Seperti proyek pelabuhan, energi, dan kereta api,” jelasnya.

Suryo mengatakan, saat ini Indonesia sangat membutuhkan investasi asing sehingga pastinya pemerintah akan sangat terbuka bagi investasi asing, terutama dari Negeri Tirai Bambu.

“Kalau melihat nilai rencana investasinya yang mencapai US$5 miliar, seharusnya ada perlakuan khusus dari pemerintah,” tambahnya.

Hari ini, Kamis (29/10/2015), CMI kembali menggelar pertemuan GAC yang kedua di Singapura.

Pertemuan GAC pertama digelar pada Januari tahun ini di Beijing.

GAC terdiri dari sekitar 20 orang yang berasal dari berbagai profesi dan negara, mereka berlatar belakang pengusaha, politikus, ekonom, konasultan, dan akademisi.

GAC bertugas memberikan masukan dan strategi investasi kepada CMI board demi memastikan perusahaan-perusahaan asal China bisa go international.