IMG-20151123-WA0008

BANDUNG – Pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia ke-VII, dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) hari ini (23/11), yang bertempat di The Trans Luxury Hotel Bandung, Jawa Barat.

Munas yang dihadir oleh sekitar 1.600 peserta dari 3 provinsi ini, berlangsung hingga Selasa (24/11). Para peserta Munas terdiri dari pimpinan Kadin provinsi dan utusan asosiasi yang terafilisiasi dengan Kadin.

“Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla yang akan membuka Munas Kadin VII dan sebagai keynote speech Bapak Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution,” kata Ketua Panitia Penyelenggara Munas VII Kadin, Carmelita Hartoto, di Bandung, Senin (23/11).

Pada rangkaian Munas ini, akan ditandatangani perjanjian kerja sama antara Indonesia Institute of Conflict Transformation (IICT) – Lembaga Mediasi Kadin Indonesia (LMKI), dan Pusat Mediasi Nasional (PMN).

Di tambah lagi, akan digelar pula diskusi panel yang terditi dari tiga sesi. adapun topik dari diskusi panel tersebut yaitu terkait persoalan ekonomi yang dihadapi, mulai dari peningkatan daya saing industri, ekonomi maritim, konektivitas, pembiayaan, hingga regulasi.

Sebagai pembicara sejumlah menteri Kabinet Kerja, Gubernur Bank Indonesia (BI), Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif.

Sesi pertama diskusi panel bertajuk “Peningkatan Daya Saing Industri dan Memperkuat Kewirausahaan” akan menghadirkan pembicara Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Ketua KPPU Syarkawi Rauf.

Sedangkan sesi kedua akan membahas masalah “Peningkatan Ekonomi Maritim dan Konektivitas” dengan pembicara Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said.

Sesi ketiga yang akan dipandu Ketua Apindo Haryadi Sukamdani menyoroti masalah pembiayaan dan regulasi akan menghadirkan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Sumber: Berita Satu