PENGANTAR WAKIL KETUA UMUM KADIN INDONESIA BIDANG PERBANKAN DAN FINANSIAL ROSAN PERKASA REOSLANI

 

Undang-Undang No.1/1987 tentang KADIN mengamanatkan bahwa KADIN merupakan induk organisasi dunia usaha di Indonesia dan mitra Pemerintah dibidang perekonomian, landasan operasional KADIN berpedoman pada Keputusan Presiden RI No.17/2010 tentang AD/ART KADIN. KADIN Indonesia memiliki struktur organisasi di seluruh Indonesia yang terdiri dari 181 Asosiasi/Himpunan Tingkat nasional, 34 Kadin Provinsi, 451 Kadin Kabupaten/Kota dan 34 Komite Bilateral & Multilateral Luar Negeri.

Oleh karena itu KADIN sesuai dengan fungsi dan perannya merupakan wakil dunia usaha yang harus menjalankan fungsinya sebagai wadah komunikasi, konsultasi dan advokasi antar Pengusaha Indonesia, antara Pengusaha Indonesia dan Pemerintah mengenai masalah perindustrian, perdagangan dan jasa khususnya dalam industri jasa perbankan dan finansial. Untuk itu KADIN Indonesia Bidang Perbankan dan Finansial memandang perlu untuk menerbitkan suatu panduan sebagai referensi para pelaku usaha dan stakeholder perbankan dan finansial dalam bentuk Direktori Bisnis Perbankan dan Finansial Kadin 2015. Direktori tersebut merupakan media publikasi yang menyajikan informasi singkat mengenai Kinerja perbankan dan finansial Indonesia 2011 -2014; Perkembangan, tantangan dan target pertumbuhan perekonomian indonesia kedepan; Proyeksi masa depan perbankan Indonesia, Peran dan prospek industri keuangan non bank di Indonesia; Dan kesiapan perbankan indonesia dalam menghadapi ASEAN Economic Community 2015.

Terbitnya Direktori bisnis Perbankan dan Finansial Kadin 2015 sangat strategis pasca pengalihan fungsi, tugas dan wewenang pengaturan dan pengawasan kegiatan jasa keuangan di sektor perbankan dari otoritas perbankan sebelumnya yaitu BI kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 31 Desember 2013. Sehingga direktori ini dapat bermanfaat dan menjadi panduan bagi para pelaku usaha di sektor jasa keuangan baik dalam negeri maupun luar negeri untuk mengetahui berbagai informasi mengenai kebijakan dan potensi perbankan dan finansial di Indonesia yang dapat mendukung kegiatan bisnis dan investasinya.

Secara khusus kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang besar kepada tim sekretariat Kadin Indonesia yang memperkasai penyusunan serta penyuntingan Direktori ini sampai terbit. Demikian pula kami menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi aktif, baik moril maupun materil dalam proses terbitnya Direktori bisnis perbankan dan finansial Kadin 2015. “Sambutan Wakil Ketua Umum”

 

Wakil Ketua Umum
Kamar Dagang dan Industri Indonesia
Bidang Perbankan dan Finansial

 

Rosan P. Roeslani